Pengalaman Sidang Tilang di Pengadilan Baleendah

Saya akan coba berbagi pengalaman ketika menghadiri sidang tilang di pengadilan negeri baleendah kab.bandung..

sebelumnya, saya kena tilang di daerah cimahi pas pertigaan masjid agung. waktu itu lagi ada OPS PATUH 2016. saya lupa nyalain lampu besar dan alhasil dicegat pak polisi dan dikasih surat tilang warna merah utk sidang tgl 24 juni 2016.

jumat pagi tgl 24 saya berangkat ke PN baleendah dan nyampe disana sekitar pukul 07.30. suasana di parkiran msh lengang. dan seperti yg tmn2 sy bilang: ada sesosok bapa2 yg nawarin jasanya utk "ngewakilin" sidang tilang..sy menolak dgn alasan ingin nyobain rasanya sidang :)



abis dr parkiran, sy diarahkan ke sebelah kiri gedung pengadilan. disana ada pintu gerbang berwarna biru dan poster bertuliskan Sidang Tilang dgn tanda panah ke atas..


selanjutnya, saya melihat beberapa orang sedang melihat semacam papan pengumuman yang berisi daftar peserta sidang tilang. papan nya dibagi berdasarkan wilayah polres tempat kita ditilang. disini kita bisa cari sendiri atau bisa dicariin sama "petugas". waktu itu sy terlanjur dicariin sm petugas dgn imbalan 5rb (hasil nego dari awalnya yg minta 10rb)


kalo nyari sendiri trs ketemu nama kita, tuliskan nomor urut dan nomor kertas pada surat tilang. waktu itu sy dapet nomor urut 262 dan nomor kertasnya 9, jd tulis saja 262/9 di surat tilangnya...

lanjut ke arah ruang arsip di sebelah mushola dan nanti akan terlihat ruang sidang dan meja pengambilan nomor sidang


di meja ini kita serahin surat tilang yg sdh dituliskan nomor urut dan nomor kertas tadi. kemudian petugas akan memberi kita nomor antrian sidang. skitar jam 07.50, petugas meja tsb sdh datang dan lgsg ngebagiin nomor antrian..


nomor antrian sidang tilang
*tips: klo bisa dateng pagi, mendingan langsung aja berdiri di depan meja tsb biar dpt antrian nomor kecil.

pintu masuk ruang sidang



















jam 08.48, pemanggilan peserta sidang pun dimulai dan tiap sesi sidang berisi 20 peserta, jd yg dipanggil adalah nomor antrian 1-20, 21-40, dst..proses sidang berlangsung kurang dari 5 menit, pak hakim bakalan nanya kesalahan kita trs beliau nyebutin besaran denda yg hrs dibayar..


kemudian, kita diarahkan ke bagian pembayaran denda yg lokasinya berada di luar ruang sidang...sekitar jam 09.30, akhirnya sy dipanggil dan membayar denda sebesar 60rb tanpa diberi nota/tanda terima. Saya pun memperoleh SIM saya kembali setelah 1 bulan lamanya disita..

tempat bayar denda dan ambil sim/stnk



















itulah pengalaman sidang tilang saya untuk pertama kalinya dan seluruh prosesnya memakan waktu kurang lebih 2 jam.

biaya sidang tilang SIM yang dikeluarkan:
- jasa cari nama di papan = 5.000
- denda tilang = 60.000
- parkir = 1.000
total 66.000

 semoga bermanfaat..


Alamat pengadilan negeri Baleendah : JL. Jaksa Naranata, Bale Endah, Bandung, West Java, Baleendah, Bandung, West Java 40375
Phone: (022) 5940654


*untuk mengetahui besaran biaya tilang 2016, bisa dilihat pada artikel berikut  ini:

Ketentuan dan Denda Resmi Pelanggaran Lalu Lintas ("Tilang")

*update 13 Januari 2017:

Cara Bayar Tilang Secara Online Pengadilan Negeri Bandung

5 Responses to "Pengalaman Sidang Tilang di Pengadilan Baleendah"

  1. Nice info kang, mau nanya lokasi pengadilan berdasar apa ya? Di surat tulang gk ada alamat lokasi sidang, adik saya di tulang di cangkuan soreang

    ReplyDelete
  2. Kalo d tilang krna sim dan helm dendanya brp yahh?

    ReplyDelete
  3. Kalo d tilang krna sim dan helm dendanya brp yahh?

    ReplyDelete
  4. Kalau d melanggar perboden brpa ya sip yg d tahaan

    ReplyDelete

Sponsored by