Digicoop 01, Smartphone 4G Buatan ITB Harga 1 Jutaan



Digicoop 01 adalah smartphone 4G buatan dalam negeri yang baru-baru ini dirilis oleh para peneliti di Institut Teknologi Bandung (ITB). Pengembangan smartphone 4G ini ternyata memperoleh kucuran dana dari pemerintah RI melalui Kementerian Riset dan Teknologi.

smartphone 4g buatan itb



Digicoop 01 telah memperoleh sertifikat Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 20,2 % sebagai persyaratan sebuah perangkat 4G agar bisa dijual di tanah air. Saat ini, Digicoop 01 sedang diproduksi masal di kawasan pabrik Cikarang Bekasi yang melibatkan sejumlah perusahaan teknologi swasta dan ITB tentunya.

Untuk pemasarannya, smartphone 4G dengan harga terjangkau ini hanya dapat dibeli melalui  Koperasi Digital Indonesia Mandiri dengan alamat situs digicoop.id. Untuk memiliki smartphone 4G ini, ternyata harus menjadi anggota koperasi terlebih dahulu dan membayar iuran 1.2 juta untuk 1 tahun.

Digicoop 01 mengusung layar sentuh sebesar 4.7 inci dengan resolusi FWVGA. Di sektor dapur pacu, smartphone 4G buatan ITB ini ditenagai oleh prosesor Quad Core 1,5 GHz. Di sektor memori, Digicoop 01 didukung oleh memori RAM sebesar 1 GB serta memori penyimpanan internal sebesar 8 GB. Untuk kebutuhan foografi, Digicoop 01 menggunakan kamera belakang beresolusi 5 MP serta kamera depan beresolusi 2 MP.

Smartphone buatan ITB ini ternyata tidak menggunakan sistem operasi Android, akan tetapi menggunakan sistem operasi buatan dalam negeri dengan sebutan ID3OS. Sebagai penunjang daya, Digicoop 01 diperkuat oleh baterai yang memiliki kapasitas sebesar 1800 mAh.

Untuk informasi lebih detail mengenai keanggotaan koperasinya, bisa menyimak video berikut:



video

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »