Kenapa Kim Jong Nam Dibunuh? Ini Penyebabnya

Baru-baru ini dunia dikejutkan dengan kabar dibunuhnya Kim Jong Nam yang merupakan kakak tiri dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Banyak masyarakat di Korea dan belahan negeri lain yang bertanya-tanya kenapa Kim Jong Nam dibunuh padahal ia tidak dianggap sebagai ancaman bagi rezim Korea Utara.

Di sisi lain, Kepala intelejen Korea Selatan berkeyakinan bahwa pembunuhan Kim Jong Nam ini diperintahkan oleh Kim Jong Un karena menganggap kakak tirinya tersebut sebagai ancaman bagi rezimnya.

Kim Jong Nam
Dari rekaman kamera CCTV, Kim Jong Nam (KJN) sedang berdiri di depan sebuah konter maskapai di lantai 3 Bandara Internasional Kuala Lumpur. Kemudian terlihat 2 orang wanita mendekatinya dan hanya dalam waktu 5 detik saja salah satu wanita tersebut berdiri di depan KJN dan langsung mengalihkan perhatiannya. 

Sementara itu, wanita yang satunya lagi mendekati Kim Jong Nam dari belakang lalu mendekapkan saputangan ke wajah KJN. Sapu tangan itu diyakini sudah dicampurkan dengan sejenis racun/cairan kimia/gas VX yang sangat mematikan. 

Wanita yang mendekap KJN terlihat mengenakan rok, sarung tangan pada tangan kiri dan atasan berwarna putih bertuliskan LOL. Sedangkan ciri-ciri wanita pengalih perhatian KJN tidak diketahui secara detail.

Hingga saat ini, pihak otoritas Malaysia telah menangkap dan menahan 3 terduga pembunuh KJN yakni 2 wanita yang berasal dari Vietnam dan Indonesia serta seorang pria yang hingga ini belum diketahui identitasnya. Pria ini disinyalir sebagai kekasih dari wanita asal Indonesia. Dua wanita yang telah  ditahan tersebut bernama Doan Thi Huong dan Siti Aisyah.

Lantas kenapa Kim Jong Nam dibunuh? Menurut ulasan media Jepang NHK, terdapat spekulasi yang berkembang di kalangan para pembelot Korea Utara bahwa dengan menciptakan pemerintahan dalam pengasingan di bawah kepemimpinan KJN maka sudah cukup untuk memicu keruntuhan rezim.

Bila Korea Utara memang benar sebagai dalang dari kasus pembunuhan ini, maka Pyongyang mungkin akan merasa terancam. Maka dari itu, terpaksa berupaya untuk memotong hubungan antara Kim Jong Nam dengan Korea Selatan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »