Penjelasan BMKG Tentang Kenapa Medan Sering Gempa

Diberitakan sebelumnya bahwa terjadi dua kali gempa bumi di Medan pada Rabu dini hari tanggal 14/02/2017. Gempa pertama terjadi pada pukul 00.11  berkekuatan 4,6 SR kemudian gempa kedua pada pukul 03.35 berkekuatan 5.2 SR.

Gempa yang terjadi di Medan dan sekitarnya tersebut ternyata tidak berbeda dengan gempa bumi yang terjadi disana sejak bulan Januari 2017 hingga Rabu dini hari. Hal ini menyebabkan banyak orang bertanya-tanya kenapa Medan sering gempa.

Menurut pihak BMKG, gempa yang sering mengguncang Medan tersebut adalah gempa bumi tektonik yang dikategorikan sebagai gempa bumi dangkal. Gempa bumi tersebut sering terjadi akibat adanya aktivitas sesar aktif lokal.

Sesar adalah retakan pada batuan yang sudah mengalami pergeseran. Sesar aktif merupakan sesar yang pernah bergerak pada kurun waktu 10.000 tahun terakhir. 

Sesar aktif adalah sumber gempa bumi yang bisa dikenal kenampakannya melalui bentuk lahannya. Dalam skala besar, sesar aktif ditandai adanya pegunungan dan plato. Pada skala kecil, sesar aktif ditandai dengan adanya perbukitan faset segitiga, kipas aluvial, canyon, gumuk pasir, lereng dan pergeseran sungai. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »