Wajib Baca!! 4 Tips Membuat Pagar Rumah yang Aman namun Tetap Estetis

Wajib Baca!! 4 Tips Membuat Pagar Rumah yang Aman namun Tetap Estetis
Wajib Baca!! 4 Tips Membuat Pagar Rumah yang Aman namun Tetap Estetis

Sahabat Rumah, Walaupun saat ini banyak sekali rumah-rumah elite yang dibuat tanpa pagar, secara umum orang yang merasa lebih aman dengan adanya pagar rumah.

Pagar rumah merupakan komponen pengaman pertama sebuah rumah. Meskipun dewasa ini banyak sekali rumah yang dibuat tanpa pagar, umumnya banyak orang yang merasa lebih aman dengan adanya pagar.

Apalagi kita tak dapat sepenuhnya menyerahkan  keamanan rumah pada satpam kompleks atau satpam pribadi. Rumah tanpa pagar rumah memang terlihat lebih simpel, praktis, dan modern. Tetapi, kembali lagi pada kebutuhan dan fungsi dari Pagar.

Apabila Anda ingin meminimalisir resiko rumah tidak aman, ada baiknya pembangunan pagar rumah tetap dilakukan. Agar fungsi pagar lebih maksimal sebagai gerbang utama rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Tinggi Pagar Rumah

Anda mungkin mempunyai pemikiran untuk membuat pagar setinggi mungkin demi meningkatkan keamanan rumah. Memang benar, semakin tinggi pagar rumah, resiko kejahatan semakin minim.

tetapi Anda juga perlu memperhitungkan biaya dan nilai estetika dari Pagar. Semakin tinggi pagar rumah, material pagar yang digunakan tentu semakin banyak maka harga semakin mahal. Idealnya tinggi pagar rumah yang baik yaitu seukuran tinggi orang dewasa kurang lebih 160cm - 170cm.

Jika lebih rendah dari itu, orang luar akan lebih gampang melihat situasi di dalam rumah. Ini akan menjadi bahaya, apalagi apabila rumah Anda sering ditinggal dalam keadaan kosong.

Bahan Pagar Rumah

Sahabat Rumah, Pilihlah bahan material yang kuat untuk membuat pagar rumah. Pilihan material pagar rumah terbaik adalah bata karena kuat, tidak tembus pandang, suara dapat diredam ketika masuk ke rumah, serta dapat mencegah air masuk ke dalam rumah jika air meluap.

Sisi negatifnya, pagar rumah dengan bahan full batu bata dapat membuat penghuni sering dicap anti tetangga karena seperti mengurung penghuni  yang ada di dalam rumah.

Solusinya, Anda bisa mengkombinasikan batu bata dengan material besi. Kombinasi bata dan besi cukup bagus untuk pembuatan pagar karena kokoh.

Daya Pandang Rumah

Sahabat Rumah, Daya Pandang Rumah ini harus Anda perhatikan. umumnya orang mengatakan pagar rumah yang aman adalah pagar yang memiliki visibilitas atau daya pandang hingga ke dalam rumah (pagar yang tidak rapat).

Artinya, penghuni rumah dapat melihat pagar di luar dari area paling dalam di rumah sekalipun. Goalnya adalah untuk mempermudah penghuni mengawasi orang luar masuk ke dalam dan tetangga sekitar dapat ikut mengawasi bagian dalam rumah jika ada penjahat masuk ke dalam rumah.

Yang menjadi catatan, pemilihan pagar rumah yang tembus pandang ini bagus dan cocok untuk rumah yang berada di kompleks perumahan yang ramai dan dekat jalan besar.

Sebaliknya, apabila rumah Anda berada di dalam kompleks yang sepi, tertutup, dan individualis ada baiknya hindari penggunaan pagar yang tembus pandang dan pilihlah model pagar rumah yang tertutup rapat.

Desain Pagar Rumah

Untuk memberikan keamanan yang maksimal, sebisa mungkin hindari mempergunakan pagar berdesain horizontal karena akan memudahkan penjahat memanjat pagar rumah. Selain daripada itu, ada baiknya buat dua pagar terpisah, yaitu pagar besar yang kuncinya hanya bisa dibuka dari dalam dan pagar kecil.

Pagar yang besar khusus untuk keluar masuk kendaraan anda, sedangkan pagar kecil untuk keluar-masuk orang. Pembuatan pagar besar dan kecil akan merepotkan pejahat sebab membuat penjahat harus dua kali usaha apabila ingin membawa kabur kendaraan.

Penjahat dipaksa harus masuk melalui pintu kecil, baru membuka pintu besar. Umumnya penjahat akan menghindari rumah yang memiliki pagar seperti ini dan lebih memilih menyambangi rumah dengan pengamanan yang lebih mudah karena para penjahat tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan aksinya.

Untuk lebih meningkatkan keamanan perumahan, developer perumahan dewasa ini mulai mengadopsi sistem one gate system, yaitu komplek perumahan dibuat satu pintu sehingga siapapun yang keluar masuk mudah dikenali satpam atau tenaga keamanan perumahan

Semoga bermanfaat…jangan lupa di SHARE YA…

(sumber: www. properti.liputan6.com/read/2886394/panduan-membuat-pagar-rumah-yang-aman-namun-tetap-estetis)

0 Response to "Wajib Baca!! 4 Tips Membuat Pagar Rumah yang Aman namun Tetap Estetis"

Post a Comment

Sponsored by