Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami

Bekas luka pada kulit atau wajah bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti luka bakar knalpot, bekas jerawat, bekas operasi dan masih banyak lagi. Untuk menghilangkan bekas luka, Anda bisa menggunakan cara alami yang aman dan tanpa efek samping.

Cara alami ini memanfaatkan bahan-bahan herbal seperti minyak zaitun, mentimun, lidah buaya dan lain-lain. Semua bahan alami tersebut terbukti bisa membantu menghilangkan bekas luka dengan proses dan waktu yang tidak instan tentunya. 

Umumnya, bekas luka di kulit tidak bisa memudar dalam waktu singkat, mungkin bisa sampai berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun baru bisa hilang sepenuhnya. Inilah yang kemudian menjadi permasalahan karena bekas luka yang tidak bisa ditutupi oleh pakaian tentunya akan mengurangi rasa percaya diri seseorang. 

Berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas luka secara alami dan tanpa efek samping:

Madu

Madu sangat berkhasiat untuk meregenerasi kulit manusia sehingga bisa membantu mempercepat pemudaran bekas luka. Caranya dengan langsung mengoleskan madu murni ke area bekas luka kemudian biarkan selama 15 sampai 20 menit. Cara ini bisa diterapkan kapan saja dan bahkan ketika malam hari sebelum tidur.

Lidah buaya

Cara yang pertama untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan menggunakan lidah buaya (aloe vera). Caranya dengan mengupas lidah buaya dan kemudian ambil gelnya. Oleskan gel tersebut pada bekas luka secara perlahan dan merata. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali dalam satu hari. Bahan alami ini akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru karena kaya akan kandungan asam amino dan ligmin.

Minyak zaitun

Caranya dengan langsung mengoleskan minyak zaitun pada area sekitar bekas luka. Sambil mengoleskan minyak zaitun ke kulit, lakukan juga pemijatan supaya kandungan minyak zaitun bisa meresap dan hasilnya pun akan lebih maksimal.

Mengkudu

Caranya adalah dengan mem-blender telebih dulu buah mengkudu hingga halus. Kemudian yakni balurkan mengkudu yang sudah diblender tersebut pada area sekitar bekas luka. Diamkan selama 15 sampai 20 menit dan kemudian bilaslah menggunakan air hingga bersih.

Jeruk nipis

Anda bisa langsung menggosokan irisan buah jeruk nipis pada area bekas luka dan kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin untuk menghilangkan bekas luka secara efektif.

Daun mint

Pertama-tama, tumbuklah 5 atau 6 lembar daun mint dan kemudian oleskan pada are sekitar bekas luka. Biarkan selama beberapa saat hingga mengering dan bersihkan menggunakan air. Sisa tumbukan daun mint bisa disimpan di lemari es untuk pemakaian berikutnya.

Mentimun

Caranya dengan menghaluskan terlebih dahulu mentimun kemudian balurkan pada area sekitar bekas luka. Lakukan cara ini ketika malam hari sebelum tidur dan diamkan sampai Anda terbangun di pagi hari. Supaya mentimun tidak berceceran, maka Anda bisa menggunakan perban.

Itulah ulasan tentang cara menghilangkan bekas luka secara alami yang bisa dilakukan secara rutin supaya penampilan tetap terjaga dan juga meningkatkan kepercayaan diri Anda.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »