Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Bahan Alami

Terasa tidak nyaman memang bila terdapat kutu pada rambut kita. Kulit kepala akan sering terasa gatal dan bahkan bisa sampai terasa panas. Seringkali kulit kepala yang gatal digaruk dan dapat menyebabkan luka pada kulit kepala. Oleh karena itu, Anda sangat perlu untuk mengetahui cara menghilangkan kutu rambut supaya cepat hilang. 


Yang paling memalukan adalah bila kita sampai menggaruk-garuk kepala di tempat umum. Kutu adalah jenis hewan penghisap darah dan sangat cepat sekali berkembang biak. Berikut ini beberapa cara alami untuk membasmi kutu rambut dengan cepat dan efektif. 
  
Bawang Merah

Bawang merah mempunyai aroma yang sangat khas dan cenderung menyengat. Jika didekatkan dengan mata maka kita bisa langsung mengeluarkan air mata. Cara membasmi kutu dengan bawang merah ini ternyata sudah sering digunakan sejak jaman dulu.  

Caranya dengan menyiapkan 5-6 siung bawang merah kemudian dihaluskan. Oleskan bawang merah yang sudah halus pada pangkal sampai dengan ujung rambut. Pijat-pijatlah kulit kepala supaya bawang merah bisa meresap dengan cepat. Kutu rambut biasanya tidak kuat terhadap aroma dari bawang merah yang menyengat. 

Minyak Kelapa

Minyak kelapa bisa menyebabkan kutu rambut terkena dehidrasi atau kehausan sampai mati. Penggunaan minyak kelapa ini sebaiknya pada malam hari supaya tidak menggangu aktifitas Anda. Lakukan selama 1 minggu berturut-turut untuk memperoleh hasil yang maksimal. 

Caranya dengan langsung mengoleskan minyak kelapa dari pangkal sampai ujung rambut lalu tutuplah kepala dengan plastik. Diamkan sekitar 5-6 jam lalu cuci rambut hingga bersih dan tidak lengket. 

Cuka Putih

Cuka putih dapat mensterilkan telur kutu yang terdapat pada kulit kepala. Cuka putih mengandung zat yang bisa menggagalkan proses penetesan telur kutu. Caranya cukup dengan mengoleskan cuka putiih dari pangkal sampai ujung rambut dan diamkan selama 2 jam. Kemudian cucilah rambut dengan air bersih dan shampo.

Supaya kutu rambut tidak datang dan berkembang lagi di kulit kepala, disarankan agar tidak tidur berdekatan dengan orang yang masih memiliki kutu pada rambutnya. Kutu rambut ternyata dapat meloncat sehingga berpotensi untuk bersarang kembali di kulit kepala Anda. 

Periksa juga semua anggota keluarga apakah masih ada yang mempunyai kutu rambut di kulit kepalanya. Bila masih ada, maka sarankan pada mereka agar segera melakukan salah satu cara membasmi kutu rambut yang sudah dijelaskan di atas. 

Selain itu, usahakan juga agar tidak menyimpan hijab, topi atau penutup kepala lainnya di tempat yang sama dengan orang yang masih mempunyai kutu rambut. Perlu diingat juga agar melakukan cara menghilangkan kutu rambut secara berkala supaya kutu rambut bisa di atasi dengan cepat dan juga untuk mencegah kutu berkembang dan bertambah banyak.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »