Menu Diet Sehat untuk Berat Badan Ideal

Masih banyak sekali orang yang merasa kebingungan ketika menyusun menu diet sehat untuk melangsingkan badan secara sehat dan alami. Seringkali ketika berhenti menjalankan program diet maka berat badan pun akan kembali meningkat. 

Menu makanan diet tidak hanya ditujukan untuk menurunkan berat badan akan tetapi juga untuk memberikan gizi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Menu makanan diet sehat yang ideal adalah makanan yang kaya akan zat antioksidan, lemak baik dan protein untuk membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. 


Berikut ini menu makanan diet sehat yang bisa dicoba dalam 21 hari (3 minggu) untuk menurunkan berat badan antara 4-5 kg. 

Minggu pertama bisa memilih 3 menu utama dan 1 makanan ringan dengan kandungan total 1200 kalori. Untuk makanan ringan (snack) dianjurkan untuk mengkonsumsi snack dengan kandungan total 100-150 kalori seperti 1 gelas yoghurt rendah lemak tanpa rasa atau setengah cangkir kacang edamame.

Sarapan (250-300 kalori)

 
Menu sarapan yang pertama adalah Blackberry-Almond Smoothie. Caranya dengan mencampur atau mem-blender 1/2 cangkir susu kacang almond (almond milk), 1/2 cangkir yoghurt rendah lemak dan tanpa rasa, 1/2 potong pisang, 1/2 cup buah beri, 2 sendok teh biji – bijian (grains), sejumput bubuk kayu manis dan 1 sendok teh madu. 

Menu kedua adalah telur dan roti panggang. Bahan-bahannya adalah 1 butir telur rebus, disajikan dengan 1 lembar roti gandum yang dipanggang, 1/2 butir anggur, 1/4 buah alpukat dengan perasan jeruk nipis dan sejumput lada merah.

Makan Siang

Menu makan siang yang pertama adalah salad bayam. Caranya adalah mencampurkan bayam segar (takaran 2 cangkir berupa daun bayam), 1 sendok makan kacang walnut yang sudah disangrai, blue cheese (sesuai selera), buah ceri kering (sesuai selera), 1 iris telur rebus, 2 sendok teh minyak walnut dan 1 sendok teh cuka. Menu kedua adalah sandwich tuna. 

Caranya adalah dengan menyajikan 2 lembar roti gandum dengan tuna kaleng segar, 1/2 kacang merah, 1 sendok makan bawang merah yang sudah diiris dan 1/4 cangkir ketimun yang sudah diiris dengan sedikit anggur.

Makan Malam (400 - 450 kalori)

Menu makan malam yang pertama adalah pasta ayam. Caranya dengan menumis 1 setengah cangkir brokoli, 2 sendok teh minyak zaitun, 1/2 sendok teh bubuk cabai, 1 siung bawang putih, 1/2 sendok teh kulit jeruk, masukkan 100 gram dada ayam panggang dan sajikan dengan 1/2 cangkir pasta gandum. 

Menu diet sehat lainnya untuk makan malam adalah dengan memanggang 100 gram salmon dengan irisan lemon, garam dan lada (sesuai selera) selama sekitar 25 menit pada suhu 350 derajat celcius dan kemudian sajikan dengan roti gandum.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »